Laporan Praktikum Sel Gabus Singkong



Dasar teori :
Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.

SEJARAH PENEMUAN SEL :
Pada tahun 1665, Robert Hooke mengamati sayatan gabus dari batang Quercus suber menggunakan mikroskop. Dalam pengamatannya, ia menemukan adanya ruang-ruang kosong yang dibatasi dinding tebal. Robert Hooke menyebut ruang-ruang kosong tersebut dengan istilah cellulae artinya sel. Sel yang ditemukan Robert Hooke merupakan sil-sel gabus yang telah matu. Sejak penemuan itu, beberapa ilmuan semakin berlomba untuk mengetahui lebih banyak tentang sel. Seorang ahli mikroskop Belanda bernama Antonie van Leeuwenhoek (1632-1723) merancang sebuah mikroskop kecil berlensa tunggal. Mikroskop itu digunakan untuk mengamati air rendaman jerami. Ia menemukan organisme yang bergerak-gerak di dalam air. Yang kemukian disebut bakteri. Antonie van Leeuwenhoek merupakan orang pertama yang menemukan sel hidup.\Penelitian yang dilakukan oleh 2 orang ilmuwan dari Jerman yaitu Matthias Schleiden (ahli tumbuhan, 1804-1881) dan Theodor Schwann (ahli hewan, 1810-1882). Mereka menyimpulkan bahwa setiap mahluk hidup tersusun atas sel. Selanjutnya pada tahun 1885 seorang ilmuwan Jerman, Rudolf Virchow, mengamati bahwa sel dapat membelah diri dan membentuk sel-sel baru.

Tujuan Penelian :
1.   Dapat menunjukan bagian-bagian sel berdasarkan hasil pengamatan
      2.   Dapat membandingkanhasil pengamatan dengan mikroskop cahaya dengan gambar atau foto pada literature serta melakukan pengukuran sel

Alat dan Bahan  : *alat      :      - mikroskop                   *Bahan     : - Lugol
                                                      - kaca benda                                        - gabus singkong
                                                      - kaca penutup                           
                                                      - pipet
                                                      - silet
                                                      - tisu pembersih

Cara kerja :
      Potonglah Gabus Batang Singkong Kering Secara Melintang Dengan Silet Setipis Mungkin.
      ·         Setelah Mendapat Bagian Yang Tipis Ambil Dengan Pinset Lalu Letakkan Pada Kaca Obyek.
      ·         Kemudian Diteteskan Dengan lugol Menggunakan Pipet Sebanyak 1 Atau 2 Tetes.
      ·         Lalu Tutup Dengan Kaca Penutup
      ·         Waktu Menutup Usahakan Jangan Sampai Timbul Gelembung Udara Agar Tidak Mengganggu Pengamatan.
      ·         Amati Preparat Tersebut Dibawah Mikroskop Dengan Pembesaran Lemah (4x) Lalu Dengan Pembesaran Kuat (Objektif 10x)
      ·         Gambarlah Hasil Pengamatan Pada Tempat Tersedia Dan Berikan Keterangan Bagian-Bagiannya.

Hasil Pengamatan :
Keterangan Gambar :
 

      Bentuk persegi enam atau persegi lima
   o   Tidak memiliki inti sel (nukleus)
   o   Terlihat tampak kering
   o   Hanya terdapat dinding sel sementara bagian yang lain kosong
   o   Tak lagi berperan dalam kehidupan


pada sel gabus tumbuhan  tergolong sel mati karena hanya memiliki inti sel dan sitoplasma, sehingga ruang antar selnya kosong. Bentuk sel gabus heksagonal, tersusun rapat antara satu dan lainnya. Tampak dinding primer dan dinding sekunder.. sel gabus  berbentuk segi enam. Dalam pengamatan sel gabus, telah ditemukan adanya ruang-ruang kosong yang dibatasi dinding tebal. Ruang kosong itu terjadi karena sel telah mati dan tidak melakukan kegiatan kehidupan. Pada sel mati, tidak terdapat inti sel hanya terdapat dinding sel sementara bagian yang lain kosong.


Kesimpulan :
1. Dari percobaan yang telah kami lakukan,sel  tumbuhan memiliki dinding sel, stomata, dan sitoplasma.
2. Pada percobaan yang telah kami lakukan bahwa sel gabus kosong, hal itu dikarenakan sel gabus merupakan sel tumbuhan yang mati sehingga selnya tidak memilik organel-organel sel. Struktur sel hidup adalah ruang sel yang berisi nukleus, sitoplasma, dan antar selnya  dibatasi oleh dinding sel. 
.3. Struktur sel mati adalah ruang sel yang di dalamnya kosong karena organ-organ selnya telah mati dan mempunyai dinding sel untuk membatasi sel satu dengan sel yang lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Musik Tradisional Filipina

Laporan Praktikum Sel Bawang Merah