efek samping pemakaian softlens bagi kesehatan mata

Penggunaan Softlens untuk pengganti kacamata atau hanya sekedar untuk fashion, selain untuk membantu melihat karena penyakit mata seperti rabun jauh atau miopi ternyata dapat memberikan dampak negatif bagi ksehatan mata para pemakainya. berikut ini adalah contoh beberapa efek samping yang ditimbulkannya :

1. Infeksi pada mata
infeksi pada mata ini dipengaruhi oleh kebersihan softlens yang anda pakai. maka jagalah kebersihan softlens anda, sebelum dan sesudah menggunakannya, agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan. contohnya adalah infeksi Acanthamoeba Keratitis yang disebabkan oleh Acanthamoeba Castellani yang merupakan bakteri yang dapat berkembang di air yang terkontaminasi. kontaminasi ini sering terjadi pada tempat penyimpanan softlens anda. Karenanya, diwajibkan untuk selalu menjaga kehigienisan softlens dan tempat penyimpanan softlens anda. 

2. Mata kering
softlens dapat meyebabkan mata menjadi kering karena softlens yang mengandung air dapat kering lalu mengambil air di permukaan mata sehingga mata kita menjadi perih dan terasa kering.

3. Mata merah
softlens yang terkena debu dapat menyebabkan mata menjadi merah dan mata seperti merasakan sensasi terbakar. dengan menggunakannya terus menerus mata yang merah tersebut dapat berlanjut kepada peradangan dengan cepat. benjolan dan bengkak bisa timbul pada kelopak mata dan anda harus menunggu mata anda sembuh seperti sedia kala bila ingin memakai softlens kembali.

4. kemungkinan dapat terjadi kebutaan permanen
kemungkinan terjadinya kebutaan permanen disebabkan oleh pemakaian softlens di hawa panas. hawa panas   membuat softlens dari plastik mudah mencair, dan cairannya tersebut pun dapat merekat kencang pada mata dan sangat sulit untuk di lepaskan, sehingga orang yang mengalami kejadian mengerikan seperti ini dipastikan buta permanen.

5. Mata kekurangan oksigen.
softlens yang terlalu menempel erat dapat menyebabkan mata kekurangan oksigen. dan jika hal ini tidak segera diatasi, kemungkinan besar akan mengalami kerusakan pembuluh darah sehingga memperburuk penglihatan.

Dirangkum dari beberapa sumber tentang dampak pemakaian softlens bagi kesehatan mata. semoga dapat bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Musik Tradisional Filipina

Laporan Praktikum Sel Bawang Merah

Laporan Praktikum Sel Gabus Singkong